Tuesday, October 11, 2011

Making Plans

Betapa senangnya kita ketika duduk di lantai dengan satu rak penuh buku di depan mata. Toko buku nan sepi pengunjung adalah tempat yang paling nyaman dan menyenangkan. Ada kata HOBI tertulis di atas rak. Kita bisa menemukan aneka kreasi Felt, Clay, Amigurumi, Quilling paper, mahar, cara menggambar sketsa, manga, dan masih banyak lagi. Punya usaha sendiri membuat benda-benda unik dan menjualnya serta mendirikan cafe mungil yang mempunyai taman bacaan di dalamnya adalah impianku. Sayangnya, belum ada modal untuk memulai atau lebih tepatnya belum menemukan cara untuk memulai. Sebagai lulusan sekolah keguruan, idealnya aku akan menjadi seorang guru SMP, SMA, SMK, atau dosen di perguruan tinggi jika memungkinkan dan sekaligus ibu rumah tangga. 
Kemudian kita bercerita, disebuah kedai donat di bawah toko buku. tentang cita-cita, benturan yang merintangi, dan solusinya. Berteman segelas lemon tea dan satu potong donat, aku mulai berpikir tentang hidupku dan hidup kita.

Sebut saja plan A. Entah dimana dan bagaimana aku akan mengajukan diri menjadi seorang guru. Mencoba konsisten berkeilmuan serta memberi sumbangsih yang diharapkan solutif dalam pendidikan tetap menjadi plan A buatku. Tidak hanya pintar mengkritik sistem pendidikan, tapi juga mampu mengakali sistem sehingga  menjadi lebih baik.

Tidak mau terikat kontrak dengan negara ataupun yayasan sekolah, aku tetap bisa menjadi guru. Guru privat. Mungkin aku bisa meminjam bangunan di depan rumah bapak untuk aku jadikan kelas-kelasku. Dan sebut saja itu sebagai plan B.

Mungkin salah satu dari rencana itu bisa terlaksana atau mungkin Tuhan yang selalu berbaik hati akan memberikan rencana yang tentunya lebih cocok untukku. Aku percaya bahwa jatah rejekiku tak akan diambil orang, entah itu pekerjaan maupun jodoh. Tersebutlah beberapa target yang sudah aku buat mengenai jodoh. Aku akan menikah pada bulan Suro (Ya, aku ingin bulan Suro. Awal tahun hijriyah yang konon katanya jarang ada orang punya hajat) serta pada awal bulan masehi dengan dalih saat orang baru mendapatkan gaji dan pada akhir minggu saat orang-orang mendapatkan libur, itulah rencananya walaupun terkesan matre. Brilian bukn? Hehehe,, Dengan modal kalender online, aku-pun menemukan beberapa tanggal, seperti pada hari Minggu tanggal 1 Desember 2013 (target 1), jika meleset, maka hari Sabtu tanggal 1 November 2014 (target 2) bisa menjadi pilihan berikutnya, atau hari Minggu tanggal 1 November 2015 sebagai deadline-nya. Semoga Alloh SWT mengabulkan diantaranya. Amin.

Kemudian aku menceritakannya padamu di bawah pohon rambutan yang sedang bernyanyi menanti hujan.

No comments:

Post a Comment